Minggu, 25 Mei 2014

Penerimaan Mahasiswa Baru UPN "Veteran" Yogyakarta


UPN "Veteran" Yogyakarta memberikan kesempatan kepada semua lulusan SMA / SMK / MA untuk dapat mendaftarkan diri sebagai calon mahasiswa baru pada semua program studi S1 dan D3 sesuai dengan jurasan asal calon mahasiswa pada saat duduk di bangku sekolah SMA / SMK / MA. Kesempatan menjadi mahasiswa juga diberikan kepada peserta yang saat ini telah terdaftar pada perguruan tinggi lain dengan status akreditasi minimal sama dengan program studi yang ada di UPN "Veteran" Yogyakarta, dan akan dikelompokkan sebagai calon mahasiswa pindahan. Bagi calon mahasiswa pindahan diwajibkan terlebih dahulu mengajukan surat izin kepada rektor UPN "Veteran" Yogyakarta dan setelah mendapat izin dari rektor UPN "Veteran" Yogyakarta dapat melakukan pendaftaran, Calon mahasiswa pindahan juga diwajibkan memenuhi persyaratan admininstrasi, mengikuti ujian masuk dan kegiatan lain sebagaimana pendaftar dari lulusan SMA / SMK / MA.
________________________________________
*Khusus pendaftar Jalur Non Reguler (PBUD/Rapor),
Tidak perlu melakukan validasi, dokumen cukup dikirim ke panitia PMB.
(lihat menu Prosedur Pendaftaran)
Informasi dan Tempat Pendaftaran
________________________________________
TEMPAT PENDAFTARAN
KAMPUS I UPN "VETERAN" YOGYAKARTA
GEDUNG YOS SUDARSO (gedung perpustakaan), Lantai Dasar
Jalan SWK 104 Lingkar Utara Concongcatur (55283)
Telepon (0274) 486733, Fax. 0274 486400, Email : panitiapmb@upnyk.ac.id
________________________________________
PROGRAM STUDI STRATA-1 DAN DIPLOMA 3
Fakultas Program Studi Akreditasi
Teknologi Mineral*) Teknik Geologi(TG)**** A
Teknik Pertambangan(TA)**** B
Teknik Perminyakan(TM)**** B
Teknik Lingkungan(TL)**** B
Teknik Geofisika(GF)**** C
Teknologi Industri*) Teknik Kimia(TK)**** B
Teknik Industri(TI)**** B
Teknik Informatika(IF)**** B
Teknik Kimia D3(D3-TK)**** C
Pertanian Agroteknologi(PAT)*) B
Agribisnis(PAB) B
Ekonomi Manajemen(EM) A
Akuntansi(EA) B
Ekonomi Pembangunan(EP) B
Ilmu Sosial dan Politik Hubungan Internasional(HI) B
Administrasi Bisnis(AB) A
Komunikasi(IK) B
Keterangan :
*) Hanya dapat menerima lulusan SMA/MA/SMK jurusan IPA
****) Tidak boleh buta warna sebagian maupun total
Kurikulum yang diterapkan untuk setiap program studi senantiasa disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan serta secara periodik dievaluasi agar dapat memenuhi kebutuhan stake holder. Kegiatan proses belajar dilengkapi dengan kegiatan praktikum baik di dalam ruangan maupun dengan kuliah lapangan.
Formulir Eksakta (IPA) : Pilihan 1 Progdi IPA, Pilihan 2 Progdi IPA
Formulir Non Eksakta (IPS) : pilihan 1 Progdi IPS, Pilihan 2 Progdi IPS
Formulir Campuran : pilihan 1 Progdi IPA, Pilihan 2 Progdi IPS
*Info : 1 Formulir Pendaftaran hanya ada 2 pilihan Program Studi.
Untuk Jurusan IPA bisa membeli Formulir Eksakta dan Campuran
Untuk Jurusan IPS hanya bisa membeli Formulir NON Eksakta
Jalur Pendaftaran
________________________________________
JALUR REGULER (Jalur dengan ujian seleksi)
Di UPN "Veteran" Yogyakarta pada Tahun Akademik 2014/2015 menggunakan metode Paper-Based Test (PBT) yaitu seleksi calon mahasiswa baru yang dilaksanakan secara tertulis. Khusus pada program studi di Fakultas Teknologi Mineral (Teknik Geologi, Teknik Pertambangan, Teknik Perminyakan, Teknik Lingkungan dan Teknik Geofisika) seleksi dilakukan dalam dua tahap yaitu tahap pertama ujian secara tertulis dan jika dinyatakan lulus ujian tertulis maka tahap berikutnya calon mahasiswa mengikuti ujian wawancara. Kelulusan dalam seleksi ujian tertulis ini ditentukan oleh nilai yang diperoleh calon mahasiswa. Untuk program studi di lingkungan Fakultas Pertanian, Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, disamping seleksi secara tertulis juga disediakan seleksi berbasis computer (CBT) sehingga pendaftar dapat memilih salah satu metode seleksi sesuai keinginannya.
JALUR NON REGULER (Jalur tanpa ujian seleksi tertulis)
Jalur non reguler yaitu jalur Penelusuran Bibit Unggul Daerah (PBUD) atau jalur Penelusuran Bibit Atlet Daerah (PBAD) diperuntukan bagi calon mahasiswa WNI yang pada Tahun Akademik 2013/2014 duduk di kelas 12 dan memiliki prestasi akademik sejak semester satu sampai dengan semester lima atau memiliki prestasi di bidang olah raga, seni budaya dan kepemudaan pada tingkat minimal kabupaten/kota. Pada jalur ini calon mahasiswa tidak perlu melakukan ujian seleksi secara tertulis tetapi cukup menyerahkan nilai rapor dari kelas sepuluh sampai dengan kelas 12. Bagi yang memilih program studi di di Fakultas Teknologi Mineral tetap harus melalui tahap ke dua atau wawancara, sedangkan yang tidak lolos seleksi masih diberi kesempatan ikut seleksi pada jalur reguler tanpa membayar biaya pendaftaran untuk satu kali kesempatan seleksi tertulis.
Syarat Pendaftaran
________________________________________
Syarat Pendaftaran
1. Warga Negara Indonesia
2. Warga Negara Asing yang mempunyaakari izin khusus dari Kemdikbud RI
3. Membayar uang pendaftaran sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan di Bank BNI
4. Memiliki foto (ukuran 100 kb) mengenakan kemeja rapi berkrah untuk laki-laki dan bukan kaos, tidak berkaca mata, rambut rapi, tidak mengenakan cadar
5. Mengisi formulir secara on line melalui http://pmb.upnyk.ac.id
6. Datang ke tempat pendaftaran membawa dokumen yang diperlukan
Menyerahkan Surat Rekomendasi dari kepala sekolah yang menyatakan sedang duduk di kelas 12 pada Tahun Akademik 2013/2014 dan diizinkan mendaftar sebagai calon mahasiswa baru UPN "Veteran" Yogyakarta atau fotokopi ijasah bagi yang sudah lulus
7. Menyerahkan surat izin dari rektor UPN "Veteran" Yogyakarta bagi calon yang akan pindah kuliah dari antar prodi di UPN "Veteran" Yogyakarta maupun pindahan dari luar UPN "Veteran" Yogyakarta
8. Untuk Golongan satu harus menyerahkan fotokopi surat keputusan terakhir mengenai statusnya
9. Untuk golongan dua harus menyerahkan fotokopi surat keputusan yang memperlihatkan status hubungan pendaftar dengan golongan satu atau bukti sebagai anak kandung alumni UPN "Veteran" Yogyakarta.
10. Untuk pendaftar pada program studi di Fakultas Teknologi Mineral, Fakultas Teknologi Industri dan Fakultas Pertanian harus menyerahkan hasil tes bebas buta warna. Dalam melakukan validasi calon mahasiswa sudah melakukan tes buta warna.
11. Khusus untuk pendaftar jalur non reguler menyertakan Rapor dari kelas 10 sampai dengan kelas 12 dan posisi rangking di kelasnya yang ditandatangni oleh Kepala Sekolah
12. Syarat—syarat lainnya akan diminta pada saat pendaftaran ulang jika dinyatakan lulus seleksi.
________________________________________
Persyaratan Berkas Golongan Pendaftar
Golongan Status Keterangan
1 Anggota TNI / POLRI / PNS Kemhan / Veteran / pur-nawiraan / pensiunan Pegawai UPN Ditunjukkan dengan surat keputusan statusnya yang terakhir
2 Istri / Suami / Anak kandung / Anak adopsi dari golongan 1 ( satu ) dan anak pegawai UPN, anak alumni UPN Ditunjukkan dengan akte nikah / kelahiran dan bagi anak adopsi dengan surat dari pengadilan yang mensahkan status adopsinya, untuk anak alumni ditambahkan fotokopi ijasah orang tua atau Kartu Anggota Alumni "Veteran" Yogyakarta
3 Umum Di luar Golongan 1 dan 2
________________________________________
Kelompok Pendaftar
1. Kelompok I ( Eksakta) adalah pendaftar yang memilih program studi pada Fakultas Telknologi Mineral, Fakultas Teknologi Industri, dan Fakultas Pertanian
2. Kelompok II ( Non Eksakta) adalah pendaftar yang memilih program studi pada Fakultas Ekonomi dan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
3. Kelompok III ( Campuran) adalah pendaftar yang memilih satu program studi yang ada di kelompok I dan satu program studi yang ada di kelompok II
Prosedur Pendaftaran
________________________________________
Prosedur Pendaftaran Jalur Reguler
1. Membayar biaya pendaftaran melalui Bank BNI di seluruh Indonesia sebesar Rp.200.000,- bagi WNI dan Rp. 250.000 bagi WNA
2. Menerima bukti pembayaran dan kode pin akses
3. Mengisi data secara on line melalui http://pmb.upnyk.ac.id
4. Isi data secara benar (termasuk upload dokumen)
5. Datang ke tempat pendaftaran (peserta datang sendiri tidak boleh diwakilkan) untuk melakukan validasi data yang telah diinputkan dengan membawa dokumen yang disyaratkan.
6. Menemui petugas pendaftaran untuk melakukan validasi data dan menandatangani lembar validasi.
7. Pastikan data yang diberikan sudah benar dan cek kembali sebelum menandatangani formulir dan kartu peserta ujian seleksi
8. Menandatangani kartu peserta yang telah ada fotonya
9. Menerima kartu peserta ujian seleksi yang di dalamnya tercantum foto, nama, nomor seleksi, nama ruang, nomor tempat duduk, tanggal ujian, dan tanda tangan peserta.
*)NB :
1. Apabila kesulitan melakukan pembayaran melalui Bank BNI bisa menghubungi pihak BNI dengan nomor (0274) 485646
2. Pendaftar pada saat datang ke tempat pendaftaran diharuskan mengenakan baju yang sopan, bersepatu, bagi pria berkrah, rambut rapi, tidak menggunakan asesoris selain jam tangan dan kacamata.
- Hari Sabtu tidak melayani Validasi
Bagan alir pendaftaran :
________________________________________
Prosedur Pendaftaran Jalur Non Reguler (PBUD)
1. Membayar biaya pendaftaran di Bank BNI seluruh Indonesia, copilah bukti pembayaran tersebut jika hanya diberi satu lembar bukti pembayaran oleh pihak bank.
2. Mengisi formulir secara on line.
3. Cetak formulir yang telah diisi (Formulir BAAK 01-01-001) rangkap 2 (dua) satu untuk disimpan dan satu untuk dikirim.
4. Masukkan dalam satu amplop :
- Bukti pembayaran
- Formulir BAAK 01-01-001
- Surat keterangan bebas buta warna bagi yang memilih kelompok eksakta
- Surat Rekomendasi dari kepala sekolah yang menyatakan sedang duduk di kelas 12 pada Tahun Akademik 2013/2014 dan diizinkan mendaftar sebgaai calon mahasiswa baru UPN "Veteran" Yogyakarta.
- Khusus golongan 2 (bagi yang orang tuanya TNI/POLRI/PNS Kemhan/Purnawirawan TNI/POLRI/Pegawai UPN "Veteran" /Alumni UPN "Veteran" Yogyakarta menyertakan status kepegawaiannya yang dikeluarkan oleh masing-masing institusi dan Kartu Keluarga)
- Serta copy ijasah orang tua yang alumni UPN "Veteran" Yogyakarta
5. Kirimkan amplop yang berisi dokumen tersebut ke Panitia Pendaftaran Mahasiswa Baru UPN Veteran Yogyakarta JL. SWK 104 Condongcatur, Sleman, Yogyakarta, 55283
6. Cek di laman PMB untuk mengetahui bahwa berkas dokumen yang dikirim telah diterima oleh Panitia PMB
7. Menunggu hasil seleksi dan jika dinyatakan tidak lulus diberi satu kali kesempatan untuk mengikuti jalur reguler tanpa membayar biaya pendaftaran dengan cara datang ke tempat pendaftaran dan mengikuti prosedur jalur reguler mulai nomor empat sampai selesai.
8. Bagi yang dinyatakan lulus pada program studi di Fakultas Teknologi Mineral harus mengikuti seleksi tahap 2 (dua), sedangkan yang dinyatakan lulus selain di Fakultas Teknologi Mineral dapat mengambil tanda lulus dan mengikuti prosedur pendaftaran ulang.
*)Keterangan :
• Apabila kesulitan melakukan pembayaran melalui Bank BNI bisa menghubungi pihak BNI dengan nomor (0274) 485646
• Contoh Surat Rekomendasi Kepala Sekolah dapat didownload Disini
• Masa penerimaaan dokumen jalur non reguler akan dibatasi sesuai jadwal penerimaan jalur non reguler.
• UPN “Veteran” Yogyakarta akan membatalkan kelulusan jika ternyata data yang diberikan dan atau dokumen yang disertakan ternyata tidak benar.
• Bagi yang memilih di program studi Geologi, Pertambangan, Perminyakan, Lingkungan, Geofisika jika dinyatakan lulus harus mengikuti seleksi tahap kedua (wawancara) dan datang ke UPN pada jadwal yang telah ditentukan.
Bagan alir pendaftaran :

Prosedur Seleksi Tahap ke-2 (Wawancara)
Seleksi tahap ke - 2 (dua) hanya ditujukan bagi peserta seleksi reguler dan non reguler yang mendaftar pada pilihan program Studi Teknik Geologi, Teknik Pertambangan, Teknik Perminyakan, Teknik Lingkungan, Teknik Geofisika yang dinyatakan lulus seleksi tahap ke -1 (pertama).
Prosedur mengikuti Ujian seleksi Tahap ke - 2 (kedua) adalah sebagai berikut :
1. Peserta menuju ruang ujian di Gedung DekanFakultas Teknologi Mineral dengan berpakaian rapi (bagi pria berkrah), bersepatu, rambut rapi dan tidak mengenakan asesoris bagi pria kecuali jam tangan dan kacamata
2. Membawa kartu peserta ujian seleksi, alat tulis (pensil dan ballpoint), pas foto ukuran 4 x 6 satu lembar, meterai Rp.6000 satu lembar.
3. Datang sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan dan datang 15 menit sebelum ujian dilaksanakan serta menunggu dengan tertib.
4. Matikan alat komunikasi sebelum masuk ke ruang ujian.
5. Masuk ke ruang ujian setelah disilahkan masuk oleh petugas dan mengisi daftar hadir.
6. Duduk di kursi yang telah disediakan.
7. Jawab pertanyaan yang diajukan oleh para penguji.
8. Menandatangani lembar berita acara ujian tahap ke - 2.
9. Setelah dinyatakan selesai ujiannya dapat meninggalkan ruang ujian dengan tertib.
Persyaratan Ketika Validasi
________________________________________
1. Mencatatnomor test yang didapatsetelah input data
2. MembawaKwitansiPembayaran BNI
3. SuratRekomendasidarikepalasekolah yang menyatakansedangduduk di kelas 12 padaTahunAkademik 2013/2014 dandiizinkanmendaftarsebgaaicalonmahasiswabaru UPN "Veteran" Yogyakarta (Bagi yang masihkelas XII).
Contoh Surat Rekomendasi Kepala Sekolah dapat didownload Disini
4. Fotocopy Ijazah bagi yang sudah lulus
5. Surat Bebas Buta Warna (bagi yang memilih Eksakta dan Campuran)
6. Bagi TNI/Veteran/PNS-DEPHAN/TNI Tugas Belajar/Suami/Istri/Anak Kandung/Anak Adopsi TNI/POLRI membawa fotocopy akta lahir, kartu keluarga dan Skep/Kartu Anggota TNI/POLRI
7. Bagi Anak Pegawai UPN "Veteran" membawa fotocopy akta lahir, kartu keluarga dan Skep/Kartu Pegawai UPN "Veteran" Yogyakarta
8. Bagi Anak Alumni membawa fotocopy akta lahir, kartu keluarga dan Ijazah orangtua / Surat Keterangan Alumni UPN "Veteran" Yogyakarta
9. Bagi Calon Mahasiswa Pindahan Wajib membawa Surat Keterangan dari Rektor UPN "Veteran" Yogyakarta
10. Bagi yang sudah pernah mendaftar cukup menyerahkan bukti pembayaran pendaftaran dan melampirkan nomor test lama (yang pertama)
*)Note :
- Hari Sabtu, Minggu dan libur nasional, pendaftaran/validasi PMB libur.
Biaya Pendaftaran
________________________________________
Biaya Formulir Pendaftaran PMB 2014/2015
Kewarganegaraan Biaya Formulir Pendaftaran Kode BILLING
WNI : Rp 200.000,- 555
WNA : Rp 250.000,- 666
*)NB :
• Pembelian Formulir Pendaftaran dapat dilakukan di BNI di seluruh Indonesia Mulai Tanggal
05 Februari 2014.
• Pembelian formulir pendaftaran baik WNI/WNA dapat dilakukan di Bank BNI seluruh Indonesia.
________________________________________
Minimal Dana Pendukung Pendidikan (DPP)
Fakultas / Prodi Minimal Dana Pendukung Pendidikan (DPP)(dalam Rp)
Golongan II Golongan III WNA
Teknologi Mineral
Tek. Geologi 14.000.000 16.500.000 35.000.000
Tek.Pertambangan 14.000.000 16.500.000 35.000.000
Tek. Perminyakan 14.000.000 16.500.000 35.000.000
Tek. Lingkungan 10.000.000 12.000.000 30.000.000
Tek. Geofisika 10.000.000 12.000.000 30.000.000
Teknologi Industri
Tek. Kimia 10.000.000 12.500.000 30.000.000
Tek. Industri 10.000.000 12.500.000 30.000.000
Tek. Informatika 12.500.000 15.000.000 30.000.000
Tek.Kimia D3 4.000.000 5.500.000 11.000.000
Pertanian
Agroteknologi 4.500.000 6.000.000 10.000.000
Agribisnis 4.500.000 6.000.000 10.000.000
Ekonomi
Manajemen 9.000.000 12.000.000 25.000.000
Akuntansi 10.000.000 12.500.000 25.000.000
Ekonomi Pembangunan 4.500.000 6.000.000 20.000.000
Ilmu Sosial & Politik
Ilmu Hub. Internasional 10.000.000 12.500.000 30.000.000
Ilmu Adm. Bisnis 6.000.000 8.500.000 30.000.000
Ilmu Komunikasi 12.000.000 14.500.000 30.000.000
*)Keterangan :
1. Pembagian Golongan Lihat pada Tabel golongan pendaftar
2. Biaya Praktikum termasuk dalam SPP Variabel
3. Pendaftaran mahassiwa Baru Rp. 200.000 untuk WNI dan Rp. 250.000 untuk WNA
4. Bagi Calon yang dinyatakan Lulus seleksi dikenakan biaya :
Uang Muka sebesar Rp. 3.000.000 Jas almamater dan seragam Olah Raga Rp. 225.000 Buku Wimaya Rp.25.000
5. Kewajiban keuangan ini belum termasuk:
Biaya KKN Biaya Kuliah Lapangan Biaya kerja praktek Biaya Magang SPP Remidi Biaya Ujian Pendadaran / komprehensif
6. Biaya Wisuda Khusus prodi Akuntansi belum termasuk biaya prkatek Perpajakan (brevet Pajak)
________________________________________
SPP Tetap dan SPP Variabel
Jurusan SPP Tetap(dalam Rp) SPP Variabel (dalam Rp)
WNI WNA
Teknologi Mineral
Tek. Geologi 2.000.000 2.500.000 160.000
Tek.Pertambangan 2.000.000 2.500.000 160.000
Tek. Perminyakan 2.000.000 2.500.000 160.000
Tek. Lingkungan 1.800.000 2.250.000 150.000
Tek. Geofisika 1.800.000 2.250.000 150.000
Teknologi Industri
Tek. Kimia 1.700.000 2.250.000 150.000
Tek. Industri 1.700.000 2.250.000 150.000
Tek. Informatika 2.000.000 2.500.000 150.000
Tek.Kimia D3 1.300.000 1.750.000 150.000
Pertanian
Agroteknologi 1.500.000 2.000.000 100.000
Agribisnis 1.500.000 2.000.000 100.000
Ekonomi
Manajemen 1.500.000 2.000.000 120.000
Akuntansi 1.500.000 2.000.000 120.000
Ekonomi Pembangunan 1.500.000 2.000.000 120.000
Ilmu Sosial & Politik
Ilmu Hub. Internasional 1.600.000 2.000.000 120.000
Ilmu Adm. Bisnis 1.600.000 2.000.000 120.000
Ilmu Komunikasi 1.600.000 2.000.000 120.000
Jadwal Pendaftaran dan Ujian
________________________________________
JADWAL PENDAFTARAN
Periode Mulai Berakhir Pelayanan
Gel 1 5 Februari 2014 28 Maret 2014 VALIDASI Hanya dilayani pada hari
Senin – Jum’at Pukul 08.00 – 15.00 WIB
Hari Sabtu, Minggu dan Libur tidak melayani proses validasi
Gel 2 1 April 2014 27 Juni 2014
Gel 3 1 Juli 2014 21 Juli 2014
Gel 3 4 Agustus 2014 22 Agustus 2014
PBUD/PBAD 5 Pebruari 2014 28 Maret 2014 Pengumuman Kelulusan Jalur PBUD/PBAD Tanggal 4 April 2014
Pengumuman hasil seleksi jalur non-regular (PBUD/PBAD) pada tanggal 4 April 2014 melalui http://pmb.upnyk.ac.id. Apabila peserta dinyatakan tidak lulus diberi kesempatan mengikuti jalur reguler untuk satu kali kesempatan ujian seleksi tertulis tanpa membayar dengan menunjukkan kuitansi pendaftaran dan nomor test PBUD/PBAD. Untuk informasi selengkapnya dapat menghubungi petugas pendaftaran pada jam kerja.
________________________________________
JADWAL UJIAN SELEKSI
GEL TAHAP 1 (TERTULIS)**) JAM TAHAP 2 (WAWANCARA)*)
1 Pebruari : tanggal 8, 15, 22
Maret : tanggal 8, 15, 22 10.00-11.15 WIB Pebruari : tanggal 10, 17, 24
Maret : tanggal 10, 17, 24
2 April : tanggal 5, 12, 26
Mei : tanggal 10, 24
Juni : tanggal 14, 28 10.00-11.15 WIB April : tanggal 7, 14, 28
Mei : tanggal 12, 26
Juni : tanggal 16, 30
3 Juli : tanggal 5, 12, 19
Agustus : tanggal 9, 16 10.00-11.15 WIB Juli : tanggal 7, 14, 21
Agustus : tanggal 11, 18
**) apabila terjadi perubahan jadwal ujian tertulis akan diumumkan melalui laman http://pmb.upnyk.ac.id. Pendaftaran akan ditutup jika kuota untuk suatu program studi sudah terpenuhi. Waktu ujian yang disediakan termasuk waktu untuk persiapan ujian ( +15 menit )
*) ujian seleksi tahap ke-2 ( wawancara) hanya untuk peserta yang memilih program studi di Fakultas Teknologi Mineral dan dinyatakan lulus pada tahap ke - 1, ujian dimulai pukul 08.00 WIB s.d. selesai bertempat di Gedung ARI FREDERIK LASUT ( Gedung dekanat Fakultas Teknologi Mineral, lantai 1 dan lantai 2. Untuk pertanyaan yang terkait dengan ujian wawancara dapat langsung ditanyakan ke Fakultas Teknologi Mineral
________________________________________
Materi Ujian Tertulis
________________________________________
Komponen soal terdiri dari Tes Bahasa Inggris dan Tes Potensi Akademik (TPA). Soal Tes Bahasa Inggris ditujukan khusus untuk pilihan program studi di lingkungan Fakultas Teknologi Mineral, Fakultas Teknologi Industri dan Fakultas Pertanian. Komponen Tes Potensi Akademik yang diujikan meliputi kemampuan :
1. Verbal, meliputi tes sinonim (persamaan kata), tes antonim (lawan kata), tes padanan hubungan kata, dan tes pengelompokan kata
2. Angka (numeric) meliputi tes aritmetik (hitungan), tes seri angka, tes seri huruf, tes logika angka dan tes angka dalam cerita.
3. Logika, meliputi tes logika umum, tes analisa pernyataan dan kesimpulan (silogisme), tes logika cerita dan tes logika diagram.
4. Spasial / Gambar, meliputi antara lain tes padanan hubungan gambar, tes seri gambar, tes pengelompokan gambar, tes bayangan gambar dan tes identifikasi gambar.
________________________________________
Prosedur Mengikuti Ujian Seleksi Tahap ke-1 (Tertulis)
1. Peserta datang 15 menit sebelum ujian dimulai menuju ruang yang telah ditentukan sesuai dengan yang tertera di dalam kartu peserta ujian
2. Matikan alat komunikasi dan simpan di dalam tas.
3. Masuk ke ruang ujian dan bersedia diperiksa oleh pengawas menggunakan metal detector
4. Tas harap ditaruh di bagian depan dan tidak boleh ditaruh dekat tempat duduk.
5. Siapkan alat tulis berupa pensil 2B, karet penghapus, ballpoint, clipboard jika diperlukan
6. Duduk di bangku sesuai dengan nomor tempat duduk yang tertera pada kartu peserta ujian, jika mengalami kesulitan menentukan tempat duduk hubungi pengawas
7. Menerima lembar jawab yang diberikan oleh pengawas, lembar jawab dicek untuk memastikan dalam kondisi baik dan tidak cacat. Apabila kertas lembar jawab kotor atau sobek segera laporkan ke pengawas ujian dan tukarkan untuk mendapatkan lembar jawab yang baik.
8. Mendengarkan penjelasan tata tertib mengikuti ujian seleksi tertulis yang dibacakan pengawas ujian
9. Isi data pada lembar jawaban sesuai data yang dimilki dan salinlah kalimat yang tertera pada kolom perintah SALINLAH setelah itu bubuhkan tanda tangan
10. Cek kembali data yang diisikan jangan sampai ada yang tidak terisi
11. Menerima lembar soal ujian dan cek secara menyeluruh untuk memastikan jumlah soal sebanyak 60 serta kondisi soal dapat terbaca dengan baik
12. Apabila kondisi lembar soal tidak sesuai jumlahnya dan tidak dapat dibaca dengan baik kembalikan kepada pengawas untuk minta penggantinya
13. Mulai kerjakan soal apabila telah diperintahkan oleh pengawas ujian dan dilarang bertanya atau tukar menukar jawaban kepada sesama peserta
14. Peserta yang sudah selesai menjawab seluruh soal ujian dapat meninggalkan ruang ujian dan kertas lembar jawab beserta soal ujian tetap di tempatnya,
15. Peserta yang sudah ke luar dan mengumpulkan lembar jawab sebelum waktu mengerjakan habis tidak diizinkan kembali ke dalam ruang untuk mengerjakan kembali soal ujian dengan alasan apapun
16. Peserta segera berhenti mengerjakan soal ujian apabila pengawas ujian menyatakan bahwa waktu untuk mengerjakan sudah habis dan segera meninggalkan ruang dengan tertib.
Registrasi Ulang dan Pengunduran Diri
________________________________________
CARA REGISTRASI ULANG
Calon mahasiswa yang dinyatakan lulus seleksi akan diberi Surat Tanda Lulus, dan dalam surat tanda lulus tersebut akan tertera besarnya biaya Dana Pendukung Pendidikan (DPP), SPP Tetap semester satu dan semester dua, SPP variable semester satu dan dua. Besarnya dana yang diperlukan selama satu tahun tersebut dapat dibayarkan dalam tiga tahap yaitu Tahap pertama (DP), Tahap kedua (DPP 1, SPP Tetap danVariabel semester 1, jas dan pakaian olahraga, Tahap ketiga ( DPP 2, SPP Tetap dan Variabel semester 2). Batas waktu akhir pembayaran masing – masing tahap tertera pada surat tanda LULUS tersebut.
________________________________________
PROSEDUR REGRISTASI ULANG TAHAP PERTAMA
1. Calon mahasiswa yang telah dinyatakan lulus seleksi mengambil surat tanda LULUS (BAAK - 01 - 01-003) di loket 7 dalam rentang waktu yang telah ditentukan. Bagi yang dinyatakan lulus namun tidak mengambil Surat Tanda Lulus sampai batas waktu yang ditentukan maka dinyatakan batal kelulusannya.
2. Membayar DP sebesar Rp. 3.000.000,- (Tiga Juta Rupiah) di bank BNI
3. Membawa bukti pembayaran, kartu peserta, surat tanda LULUS ke bagian pendaftaran dan serahkan ke petugas pendaftaran bagian registrasi (loket 7)
4. Menerima surat tanda diterima sebagai mahasiswa baru TA. 2014/2015 (BAAK –01-01-004) dan surat pernyataan menjadi mahasiswa (BAAK-01-01-007) untuk ditanda tangani bersama orangtua/ wali.
________________________________________
PROSEDUR REGRISTASI ULANG TAHAP KEDUA
Mahasiswa yang telahmembayar DP dan telah menerima surat tanda diterima sebagai mahasiswa dapat segera melakukan regristasi ulang tahap kedua. Prosedur registrasi ulang tahap kedua adalah sebagai berikut:
Membayar biaya DPP 1, SPP Tetap dan Variabel semester 1 serta jas almamater/ pakaian olahraga, buku WIMAYA sesuai dengan yang tertera pada surat tanda lulus di bank BNI
1. Menyerahkan bukti pembayaran ke loket 7 dan setelah mendapat surat keterangan telah membayar (BAAK-01-01-005) dari loket 7 menuju loket 6
2. Menerima print out data pribadi (BAAK-01-01-006)
3. Menandatangani print out biodata dan serahkan kembali ke loket 6 bersama:
Fotokopi Bukti pembayaran, Fotokopi Kartu peserta, Fotokopi Surat tanda Lulus, Fotokopi Surat Tanda Lulus dari SMA / SMK / MA (2 lembar), Fotokopi ijasah /STTB yang dilegalisir ( 2 lembar), Fotokopi SKHUN yang dilegalisir (2 lembar), Fotokopi Akte Kelahiran (2 lembar)
4. Surat pernyataan menjadi mahasiswa UPN "Veteran" Yogyakarta bermetarai dan ditandatangani oleh mahasiswa dan orang tua / wali
5. Menerima Kartu Tanda Mahasiswa sementara (BAAK-01-01-008) sebagai mahasiswa baru Tahun Akademik 2014/2015 yang berlaku sampai batas waktu tertentu.
6. Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) asli akan diterbitkan oleh Bank yang ditunjuk untuk masing-masing Fakultas dan dapat berfungsi sebagai ATM
________________________________________
JADWAL HER REGISTRASI / DAFTAR ULANG
Pelaksanaan daftar ulang disesuaikan dengan ketentuan yang tercantum dalam Surat Tanda Lulus Seleksi masing-masing :
No Gelombang Waktu Pembayaran
DP DPP
1 Gelombang 1 Disesuaikan dengan ketentuan di STLS 17 Februari 2014-30 April 2014
2 Gelombang 2 Disesuaikan dengan ketentuan di STLS 14 April 2014-25 Juli 2014
3 Gelombang 3 Disesuaikan dengan ketentuan di STLS 14 Juli 2014-28 Agustus 2014
4 PBUD/PBAD 4-18 April 2014 4 April 2014-30 Mei 2014

________________________________________
PROSEDUR PENGUNDURAN DIRI
Prosedur dan ketentuan pengunduran diri menjadi mahasiswa baru bagi yang sudah melakukan tahap regristasi adalah sebagai berikut:
1. Menemui petugas pada bagian keuangan (loket 3)
2. Mengisi Surat Pernyataan mengundurkan diri sebagai calon mahasiswa baru TA. 2014/2015 UPN "Veteran" Yogyakarta (blanko surat ini sudah tersedia di bagian pendaftaran).
3. Melampirkan bukti pembayaran asli
4. Melampirkan Kartu Peserta Ujian asli
5. Melampirkan bukti diterima sebagai mahasiswa (BAAK-01-01-004) bagi yang sudah registrasi tahap ke - 1 (satu) dan difotokopi rangkap 2
6. Melampirkan Kartu Mahasiswa Sementara bagi yang sudah regristasi tahap kedua
7. Batas terakhir pengajuan pengunduran diri adalah sebagai berikut :
- Gelombang 1 : 8 Agustus 2014
- Gelombang 2 : 15 Agustus 2014
- Gelombang 3 : 29 Agustus 2014
8. Pengajuan pengunduran diri setelah batas waktu yang ditentukan tidak akan dilayani
9. Bagi calon mahasiswa baru yang sudah membayar DP akan dikembalikan Rp.1.000.0000,- (Satu Juta Rupiah)
10. Bagi calon yang sudah membayar angsuran 1 ( DPP 1, SPP tetap dan variabel semester 1) akan dikembalikan sebesar 50% DPP 1 sedangkan SPP tetap dan variabel dikembalikan penuh.
11. Bagi calon yang sudah membayar angsuran 1 dan angsuran 2 (semester 1 dan 2) akan dikembalikan sebesar 50% dari DPP, sedangkan SPP tetap dan variabel dikembalikan semua
12. Uang pendaftaran tidak dapat ditarik kembali.
13. Bagi calon yang sudah mengundurkan diri dan sudah menarik kembali uangnya dapat mendaftar kembali sebagai peserta baru dengan ketentuan sebagai peserta baru dan uang yang sudah ditinggalkan tidak dapat diperhitungkan dalam membayar kewajiban keuangan.
Info Selengkapnya bisa kunjungi :
Homepage : http://www.upnyk.ac.id/ atau http://pmb.upnyk.ac.id/
Semoga info ini bisa bermanfaat buat adek -adek SMA kelas XII yang ingin melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi dan lagi mencari Perguruan Tinggi, Info ini bisa menjadi reverensi kalian semua ya.
UPN "Veteran" Yogyakarta adalah salah satu PTS terbaik se D. I. Yogyakarta, tidak salah jika kalian memilih perguruan ini menjadi tempat untuk menempuh pendidikan kalian di Jenjang Universitas. Banyak lho....!!!!! yang lulusan dari UPN "Veteran" Yogyakarta ini banyak yang jadi orang sukses, siapa tau Kalian semua menjadi Lulusan UPN "Veteran" Yogyakarta yang bisa menjadi Orang Sukses Berikutnya. Amin
Sukses Selalu Ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar