Rabu, 26 Maret 2014

Kepiting Kedungkarang Terkenal Sejak Dulu

Dulu, warga Desa Kedungkarang, Wedung, Demak, Jawa Tengah ini, dikenal sebagai gudangnya pemburu kepiting bakau. Hampir separoh lebih warga desa ini mengandalkan hidupnya dari berburu kepiting tambak atau kepiting bakau, yaitu kepiting yang hidup di pertambakan, tepian pantai dan rawa-rawa. Namun seiring dengan makin sempitnya lahan berburu dan adanya larangan menangkap kepiting di pertambakan oleh pemiliknya, jumlah pemburu kepiting semakin berkurang.

Selain beralih pekerjaan, pemburu kepiting liar ini pada yang keluar Jawa untuk mencari daerah buruan baru di Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi. Namun demikian, desa ini saat masih dikenal sebagai desa pemasok kepiting bakau di kawasan Demak dan sekitarnya. Apalagi beberapa warga kini ada yang membudidayakan kepiting bakau di lahan tambak.

“Selain untuk penggemukan kepiting, lahan ini juga untuk memelihara kepiting tak bertelur dijadikan kepiting bertelur. Dengan cara seperti ini penghasilan warga jadi bertambah. Penggemukan kepiting ini prinsip kerjanya hanyalah untuk menggemukkan kepiting, yang dibelinya dalam kondisi kecil atau kosong akuas tidak bertelur, kemudian dipelihara menjadi besar, gemuk dan bertelur “ujar Muhdi (45) Kepala Desa Kedungkarang kepada demakpos.

3Kepiting bakau Desa Kedungkarang siap kirim. (Foto: Muin)

Muhdi mengemukakan, sampai saat ini ada sekitar 200 orang warganya yang masih menekuni ‘profesi’ pemburu kepiting. Sekitar 75 orang yang menangkap kepiting di pesisir Wedung, dan selebihnya memburu kepiting di luar Jawa, dan sebagian lainnya mereka dibawa para bos pengepul kepiting dan melakukan perburuan kepiting di sana.

Hasil perolehan mereka di tampung oleh para bos yang kemudian mereka pasarkan ke seluruh Indonesia. Uang hasil kerja dengan para bos tersebut dikirimkan ke rumah masing-masing, dan atau sesekali mereka pulang membawa hasil pemburuan kepiting bakau mereka di luar Jawa tersebut.

“Untuk wilayah Kcamatan Wedung dan sekitarnya, desa kami bisa dikatakan pemasok kepiting bakau nomor satu. Siapapun yang ingin membeli kepiting bakau, bisa mendatangi para pengepul di desa kami“, tambah Muhdi.
  
Hasil perburuan kepiting bakau dari Desa Kedungkarang ini, selain dijual di terdekat seperti di Kedungmutih, Jepara, Pecangaan, Demak dan Kudus, juga dibawa ke kota besar Semarang, Solo, dan Jakarta. (Muin)



1 komentar: